Korean Skincare Routine (Beauty Talk Part 2)

Maret 27, 2019

Siang, Mak. Di tengah cuaca yang hot ini, aku dibuat mager. Ada yang sama magernya kayak aku? Panase poll... melihat keluar rumah tu keknya harus nyipitin mata, saking panasnya. Jam 11 siang aku udah hidupin AC di kamar anak-anak, jadi pas mereka balik sekolah ga kegerahan. Enaknya tuh ngadem di kamar atau ngadem di emol 😋😍


seperti hari ini, hasrat hati pen ngadem di kamar, sambil dengerin musik tapi apa daya cucian setumpuk. Alhasil, sambil nunggu cucian muter, duduk deh, depan laptop, janji maungelanjutin bahasan skincare di postingan sebelumnya. Emak-emak banget kan, aku? *hahaha....

Di post sebelumnya aku udah bahas tentang purging, scrub, moisturizer, dan tentang double cleansing method. Kali ini aku pengen bahas tentang toner, serum, dan kawan-kawannya.

Dalam skincare routine ala Korea yang famous banget dengan glass skin-nya, toner ada di step kedua setelah melakukan double cleansing method alias cuci muka dengan dua jenis cleanser. Oil based cleanser kemudian water based cleanser.

Toner diformulasikan untuk mengimbangi kadar pH kulit kita setelah melakukan double cleansing dari sisa-sia kotoran dan makeup yang mungkin masih tertinggal.

Biasanya kita menuangkannya pada cotton pad atau kapas kemudian kita menyapu lembut wajah kita dengan kapas yang telah dibasahi dengan toner. Belakangan toner juga sering diaplikasikan dengan cara menuangkan toner ke telapak tangan kemudian ditepuk lembut pada wajah sehingga toner lebih meresap ke dalam kulit.

Diantara beberapa manfaat pemakaian toner adalah untuk menambah lapisan perlindungan pada kulit wajah. Toner juga dipercaya sejak lama untuk menghaluskan wajah. Toner juga dapat melembabkan wajah setelah melakukan cleansing. Toner juga mengurangi kotoran yang mungkin saja menempel pada wajah karena pencemaran udara.

Trus, bagaimana memilih toner yang cocok untuk kulit wajah kamu? Kenali kondisi dan jenis kulit kamu, Mak. Orang dengan oily skin lebih memerlukan toner dibandingan orang yang dengan normal skin. Karena, biasanya jika kamu punya oily skin, pori-pori di wajah kamu lebih ketara.

Formulasi toner juga berbeda mengikuti keperluan kulit kamu. Ada toner yang berfungsi untuk mengontrol minyak dan mengobati jerawat pada wajah. Ada juga toner yang diformulasikan untuk menambah kelembapan kulit. Atau, toner juga bisa diformulasikan sebagai anti aging dan sebagai whitening.

Diantara yang membaca post aku ini, ada yang suka efek setelah pemakaian toner? Aku... aku... aku pribadi suka megangin wajah setelah di bersihkan dengan toner. Kulit terasa lembab dan fresh.

Mak, suka belanja di Watson atau Guardian? Aku... aku.... *Jiah dia lagi.

Mak, tau ga, apa yang biasa aku beli di dua drugstore itu? Bolak balik, ngiterin lorong-lorong itu, pas sampai kasir suka ga nyadar kalo di keranjang belanjaan aku sudah ada setumpuk sheet mask. Yup, sheet mask.

Balik lagi ngomongin Korean skincare routine. Sheet mask adalah benda wajib di dalamnya. Dan buat yang suka nonton K-Drama, pasti ngeh kalo sheet mask itu adalah pesona lain disamping pemain dan jalan cerita drama itu sendiri. Diluar kenyataan bahwa mungkin saja itu adalah iklan yang disamarkan tapi ga bisa dipungkiri, sheet mask udah jadi trend skincare yang digilai banyak perempuan karena kepraktisannya, termasuk aku sendiri, apalagi kalo sheet mask-nya baru keluar dari kulkas. Beugh... seger, apalagi kalo cuaca di luar lagi panas membara, ya 'kan? Ada yang suka masukin sheet mask dalam kulkas juga, sama kayak aku?

Salah satu kelebihan sheet mask adalah praktis dan travel friendly. Jadi, buat kamu yang suka melakukan traveling, sheet mask lebih praktis dan hemat tempat ketimbang kamu membawa masker dalam wadah. Untuk para traveller, sheet mask sangat bisa membantu meng-hydrate kulit kamu yang mungkin saja dalam masa adaptasi dengan cuaca dimana kamu melakukan perjalanan.

Ada yang tergila-gila dengan sheet mask?

Perlu kamu perhatikan jika ingin kulitmu glowing bak oenni-oenni dan ahjuma-ahjuma Korea, kamu harus tahu kapan saatnya memakai sheet mask dan kapan saatnya harus memberi jeda untuk kulit kamu bebas tanpa skincare. Untuk sebagian jenis sheet mask, seperti sheet mask yang diperuntukkan sebagai anti aging, sheet mask tersebut tentu saja mengandung Glycolic-acid yang apabila digunakan setiap hari atau pemakaian berlebihan ia bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Buat kamu yang kulitnya berjerawat, sheet mask tidak boleh digunakan setiap hari. Cukup pakai seminggu sekali untuk membantu mengurangi jerawat makin meradang.
Atau buat kamu yang kulitnya normal, kegunaan sheet mask setiap hari bagus untuk meningkatkan kadar kelembapan kulit dan mempercepat daya serap produk skincare masuk ke dalam kulit.

Bagaimana memilih sheet mask? Pilihlah sheet mask yang bersumber dari ceramides squalene, asid hyaluronik, minyak dari ektrak beras atau rice bran oil dan minyak kacang macadamia untuk menjaga kelembapan kulit sepanjang hari, masker yang kaya dengan Vitamin C, niacinamide dan licorice root extract. Jadi sebenarnya tidak masalah jika kamu ingin menggunakan sheet mask setiap hari dalam skincare routine kamu tapi kamu harus kenali dulu jenis kulit kamu dan apakah kandungan di dalamnya aman kamu gunakan setiap hari. S
emua balik ke diri kamu sendiri. Itulah kenapa kamu harus mengenali kulit kamu dan kebutuhannya. Jangan salah pilih atau hanya tergoda iklan atau karena ikut-ikutan trend. Wajah cuma satu, so, handle with love. 

Kalau kamu menanyakan, apakah aku suka memakai sheet mask setiap hari, secara setiap masuk drugstore yang aku beli selalu sheet mask. Akutu kulitnya baru aja berangsur pulih dari break out parah pasca menghentikan pemakaian produk dari sebuah klinik kecantikan. Jadi, aku pake sheet mask 2-3 kali seminggu aja. Aku lagi fokus untuk mengembalikan kulit mulus sewaktu pakai krim, tanpa perlu pakai krim itu lagi. Gimana coba? Emang bisa?I dunno either.

Setidaknya sekarang kulitku berangsur pulih. udah ga ada lagi jerawat merah meradang, atau beberapa titik purging di wajah aku, berkat telaten bersihin muka pake double cleansing method ala Korean skincare routine.

Dua bulan belakangan aku lagi berusaha untuk lebih baik memperlakukan kulit sendiri, secara dulu aku brutal banget, dari males bersihin muka sampai gonta ganti produk karena tergoda iklan dan harga murce, sampai nyobain krim yang dijual per paketnya mahal banget untuk ukuran size 15 gram. I've been there. sekarang udah kapok, akunya. 

Ketemulah dengan sebuah produk klinik kecantikan, atas rekomendasi kakak sepupu aku, di Bogor. Masih tergoda, akunya, nyoba, eh bagus dong hasilnya. ngabisin 4 paket krim dengan 4 step seperti krim Dokter kebanyakan. Di paket ke-5 kakakku ga sempet ngeposin, alhasil aku nunggu dong, nah dalam masa penantian itulah tragedi terjadi. Kulit yang udah mulus glowing, kinclong ampe nyamuk aja kepleset pelan-pelan kembali kewujud aslinya, bahkan ampe break out. Cuma bisa nangis dipojokan. Dari situlah aku nyadar, kalo krim-krim itu ga ngasih solusi, dia cuma bekerja mengikis flek, bekas jerawat dan kawan-kawannya itu dengan si produk, kandungan aktif di dalamnya. bersifat sementara dan bikin kulitku kayak ketergantungan akan kandungan zat tersebut. Wah, bahaya dong! Lama-lama kulitku bisa kebal, ga mempan lagi sama produk lain yang mungkin saja kandungan zat aktifnya rendah.

Sekarang lagi mencoba tetap istiqomah dengan Korean skincare routine. Walaupun awal-awal aku agak kerepotan dan kayak makan waktu lebih, tapi aku berusaha nikmatin prosesnya, daripada kulit aku ambekan lagi? Dan, ga semua step juga aku ikutin. Gila, 10 step bo’. Lebih banyak malesnya akutu. *Hahaha....

Mak, tahukah kamu dalam Korean skincare routine, menggunakan serum adalah langkah paling penting? 
Kenapa? Karena serum kaya akan komposisi yang bermanfaat dalam meng-hydrate setiap lapisan kulit kamu. Molekul-molekul pada serum bekerja dengan kadar serapan yang paling optimal menembus hingga ke lapisan kulit paling bawah. 

Maka dari itu pemakaian serum adalah step yang sangat penting. Serum memberi lebih banyak manfaat, menutrisi kulit sehingga kulit tampak lebih muda lebih cepat berbanding dengan pemakaian moisturizer. Setelah step pamakaian serum, kita harus lock nutrisi Si Serum itu dengan mengoleskan moisturizer sehingga nutrisi di dalam serum tetap di dalam kulit.

Mak, mau tau skincare routine aku kalo siang?

1. Cleanser
Biasanya kalo siang, aku prefer pake water based cleanser yang ada aja, secara malemnya aku udah pake double cleansing method. Sementara untuk night skincare routine, sebelum menggunakan water base cleanser aku pake brightening oil cleanser dari HERV Natural Atau kalo lagi abis, aku suka pakein olive oil yang bisa dibeli di supermarket kayak 
Hypermart atau Carrefour.

2. Toner

Belakangan aku jatuh cinta banget dengan skincare Korea, karena worth it banget buat proses penyembuhan kulit aku pasca break out. Bisa pake toner apa aja ya, Mak. Pastikan yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

3. Essense (Luxe essence advance dari HERV Natural) Dipakenya setelah mandi pagi dan malam sebelum tidur, setelah double cleansing saat kulit sudah bersih.

4. Serum (lagi suka banget dengan True Island yang Honey Bee Venom series) dipakenya setelah mandi pagi dan malam setelah pemakaian essence.

5. Moisturizer (flawless cream-nya Alyla Cosmetics) ini, nih. Dia bekerja untuk me-lock nutrisi yang ada di dalam serum biar ga bubar jalan. Hehe....
Aku pakenya pagi setelah pemakaian serum dan malam sebagai last step sebelum bobok cantik. *dilempar gayung

6. Sunblock (jika keluar rumah lebih dari 2 jam) tapi lebih sering aku skip, karena moisturizer aku udah ada kandungan SPF-nya. Dan buat aku, entah kenapa kalo siang hari setelah memakai sunblock, makeup aku jadi ga tahan lama, trus cepat bergeser karena wajah aku kalo udah kena sunblock suka cepat berminyak. Jadi aku mending skip aja, kan moisturizernya udah pake SPF 30.

Aku suka maskeran dan scrub 2-3 kali seminggu, tergantung kebutuhan kulit saat itu. Saat kulit aku agak ambekan, aku berusaha untuk ga malas scrubing dan maskeran. Tapi kalo kulit aku lagi baek dan anteng, aku melakukannya maksimal dua kali seminggu.

Alhamdulillah, dua bulan belakangan jerawat yang biasanya bertandang pas lagi mau mens, udah ga mau tuh singgah di wajah aku. Kulit jadi lebih glowing dan dewy gitu. Bagi sebagian orang ada yang ga suka dengan finishing look dari Korean skincare routine tapi aku suka. Dan kayaknya udah ga bisa berpindah kelain hati. Hehehe

Ada yang suka Korean skincare routine juga? Sharing, yuk!















You Might Also Like

11 komentar

  1. Wah bahannya dari bahan alami ya, boleh juga nih direkomendasikan nanti kalau habis boleh donk ngedate

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah kapok akunya, Miss. 😂
      Beralih ke basic skincare lagi yang berbahan natural dan kalo bisa less chemical produk.

      Hapus
  2. Waaaaah lengkaaaap bin kumplit plit...
    Aku termasuk orang yang malas bersihin wajah hihihi
    jarang banget pake masker :'( tapiiii aku mau nyoba aaah korena skincare routine-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu aku dulu.... sejak break out aku kapok! Karena kan aku suka dandan, dan dandan di wajah yang break out itu, mo kek gimanapum hasilnya ga memuaskan Mba Wiwid. Hehe

      Hapus
  3. Wah ini jawaban aku kemarin. Makasih banyak lho mba sharingnya soal skincare ini... Tp produknya aku gak kenal semua itu maklum srg pake produk lokal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu lokal juga Mba Arum. Beda negara aja, disini karena deket aku bisa nitip paksu kalo lagi guiding ke negara tetangga. Bukan produk high brand kok itu. Under RM 100 semua kok itu. 11-12 aja sama lokal kita.

      Hapus
  4. Kadang suka penasaran sih dengan Korean Routine Skincare yang katanya ampe 10 step itu. Tapi ngebayangin aku pake itu ,kok kayaknya waktu aku abis di perawatan aja. Hahahaha

    Jadi ,ya ,sementara ini pake yang penting dulu aja kayak rajin ngebersihin muka ,pake serum ,moisturizer ,dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Awalnya aku juga gitu. Tapi sejauh ini cuma ini yang bantu kulitku baik karena beneran even facial aku juga udah jarang banget karena udah cukup puas sama hasilnya. Hehe

      Hapus
  5. Aku baru sekali tuh maskeran pakai sheet mask. Dikasih anak. Baru tahu kalau engga boleh tiap hari. Bener banget, wajah cuma satu, jangan coba-coba deh. Entar aku baca deh kandungannya di kantongnya. Harus hati-hati yah...Makasih infonya...

    BalasHapus
  6. Penasaran korean skin soutine itu kayak gimana. Ohh ternyata kaya gini yah. Hehe maklum kalo aku ala-ala aku aja mbak clenaser, toner (jarang pake), day cream, night cream sama sunblock hehe

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas infonya ya mbak...

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images