Kepribadian Kamu Seperti Apa?

Maret 14, 2019


Hi, Makbeb! Lama tak berjumpa, yah? Apa kabar semua? Aku udah lama melipir ke pojokan sambil ngeliatin yang pada perang status capres sambil ngemilin kuaci. *Hahaha....
Dan perang status itu masih aja berlanjut bahkan sampai sekarang. Pusing tau bacanya. Jadi, biarin aja, lah, ya.

Mak, pernah ga sih mendengar seseorang memuji, “Cantik dan kepribadiannya menarik.” Atau keluhan, “Ugh, dasar, kepribadiannya ngga banget.” , atau suara pasrah. “Yah, memang gitu orangnya.” Sebenernya, apa sih, kepribadian itu?

Ada banyak kepribadian. Kepribadian atau personallity diambil dari bahasa Latin, persona, yang artinya topeng. Itu sebabnya studi tentang kepribadian sering dipahami sebagai studi cara memperbaiki ‘topeng-topeng’. Definisi lain, kepribadian sama dengan ‘aku’. Ketika kamu berkata, ‘aku’, maka kamu sedang melibatkan segala sesuatu yang ada di dalam diri kamu; kesukaan, ketidaksukaan, ketakutan, kebaikan, kekuatan dan kelemahan kamu.

Jadi, kepribadian adalah keseluruhan sifat yang ada dalam diri seseorang, termasuk perilaku, temperamen, emosi dan mental. Kepribadian merupakan ciri atau keunikan seseorang, sehingga reaksi atau tanggapan yang berbeda mencerminkan kepribadian yang berbeda.

Di dunia ini tidak ada seorangpun yang sama, bahkan sepasang kembar identik sekalipun. Beberapa orang mempunyai sifat penuh kekuatiran, sementara yang lain berani mengambill resiko tinggi, cuek, flegmatik, sangat dominan, percaya diri, pemalu, pendiam, atau suka berbicara tak berhenti. Sifat-sofat dasar ini menjadi fondasi dari kepribadian seseorang. Seiring dengan tingkat kematangan pengalaman seseorang dalam memandang hidup. Kepribadian akan menyatu dengan sifat-sifat dasar tersebut.

Mak, pernah dengar “Kamu, adalah apa yang kamu pakai.”
Barang-barang yang kamu pakai, yang kamu gunakan, sebenarnhya menunjukkan siapa diri kamu, lho. Coba diingat-ingat, tanpa kamu sadari kamju telah memilih barang yang sama dari waktu ke waktu. Ini menunjukkan siapa kamu sebenarnya.

Tak terkecuali isi tas yang kamu bawa sehari-hari. Sekarang, coba kamu amati, bagaimana kepribadian kamu? Apakah kamu cenderung PERFEKSIONIS, ROMANTIS, HELPER, PEMIKIR, atau AGRESIF?

·         Si Romantis

Pemuja keindahan, kebenaran dan kehormatan. Kamu adalah seorang yang kreatif, intuitif, dan humoris. Dibandingkan tipe lain, kemampuan estetika kamu lebih baik. Kamu mudah terpengaruh dan berempati terhadap perasaan orang lain. Mudah merasa bersalah saat tidak dapat menyenangkan orang lain, mudah merasa benci dan malu.

Jangan heran jika isi tasnya adalah items yang menampilkan keindahan dan estetika, seperti sisir, bedak, parfume, tas kosmetik, dan tissue wangi.

Si Romantis adalah orang yang merasa paling mengenali diri mereka. Kamu kerap merasa dirimu berbeda dari yang lain. Sensitif, hangat, penuh pengertian, mampu memahami arti hidup dan peka terhadap perasaan orang lain. Sesuai dengan kepribadiannya, Si Romantis memilih fashion yang trendi dan feminim. Dengan oufit yang kamu kenakan, kamu ingin menampilkan sosok dirimu yang cantik dan anggun.
Biasanya Si Romantis menghabiskan waktu senggangnya dengan menikmati film-film drama dan lagu-lagu slow.

Source : Pinterest

·         Si Pemikir

Kamu memiliki rasa ingin tahu yang besar, analitis dan haus pengetahuan. Tak heran, bila kamu lebih mengutamakan membawa buku bacaan, notes, pulpen, di dalam tas kamu, ketimbang barang lain.

Kamu lebih menyukai bekerja di belakang layar dan ahli dalam menganalisa sesuatu secara obyektif. Barang-barang yang dibawa itu harus mampu memberikan manfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta membantu mencatat ide yang sewaktu-waktu muncul.

Kamu adalah kepribadian yang mempunyai integritas yang kuat sehingga tidak mudah terpengaruh. Si Pemikir cenderung memilih fashion yang konvensional dengan warna-warna dasar. Pilihan Si Pemikir dalam fashion juga di dukung oleh sifatnya yang merasa tidak nyaman apabila bertindak defensif atau bila mengetahui sesuatu yang salah, alias main aman.

Si pemikir cenderung tidak nyaman jika ada di lingkungan yang tidak disukainya. Dan untuk mengalihkan pressure itu, dia mengalihkannya pada barang bawaan kesukaanya, seperti pada buku.

Source : Pinterest
·         Si Agresif

Sukses, itu adalah tujuan setiap aktivitas Si Agresif. Kamu akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan sukses. Berbuat salah merupakan hal yang paling kamu benci. Tidak ada kata lelah dalam kamus Si Agresif, selalu dalam keadaan ‘on’, energik,optimis, dan penuh percaya diri. Kamu menyukai tantangan-tantangan baru. Dan ciri khas lain dari Si Agresif adalah bicaranya yang to the point.

Isi tas Si Agresif pun sangat bervariatif. Biasanya kamu cenderung semua barang yang mungkin akan kamu butuhkan, tanpa mengeluarkan barang lainnya yang kurang menjadi prioritas kamu. Ga heran, tas kamu selalu full, berisi barang yang campur aduk, seperti kantong Doraemon, atau si palugada.

Si Agresif sering tak punya waktu atau lebih tepatnya bingung untuk memilah-milah barang yang tidak kamu perlukan untuk dibawa. Karena di kepalanya banyak kemungkinan. Jadi, kamu akan memutuskan untuk membawa semua yang ‘mungkin’ akan kamu butuhkan.

Source : Pinterest

·         Si Perfeksionis

Seseorang yang realistik, mempunyai prinsip yang kuat, jujur, teliti, itulah kamu, Si Perfeksionis. Pekerja keras untuk hal yang kamu yakini. Kamu ingin membuat dunia menjadi tempat lebih baik. Kamu mempunyai standar dan etika tertentu serta tidak kenal kompromi.

Seseorang yang bertanggung jawab dan memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaan. Kamu juga disiplin pada diri sendiri dan dapat menyelesaikan masalah besar tanpa banyak membuang waktu.

Kunci, buku agenda, buku alamat, alat tulis, adalah beberapa items yang cenderung mereka bawa dalam keseharian. Barang-barang yang kamu bawa bisa sangat bervariasi tergantung situasi dan kondisi yang mungkin akan kamu hadapi. Buat kamu, yang penting barang-barang tersebut bisa membantu kelancaran aktivitas kamu di berbagai kesempatan.

Kelemahan kamu adalah, kamu sering merasa dirimu paling benar. Karena sifatmu yang selalu ingin semua sempurna. Kamu mudah cemas dan terlalu serius, kurang menghargai apa yang dikerjakan orang lain. Kamu juga merasa selalu punya beban dan tanggung jawab yang besar, walaupun sebenarnya tidak selalu.

Jangan heran juga jika Si Perfeksionis selalu tampil perfect dalam setiap situasi. Dia teliti dalam memilih fashion apa yang akan ia kenakan. Ia sempurna dalam memilih padu padan antara sepatu, tas, dan baju yang serasi.

Source : Pinterest

·        
Si Helper

Si Baik Hati, begitulah kamu dikenal di lingkungan kamu. Kamu adalah pribadi yang perhatian, suka menolong, hangat, suka bergaul dan memiliki rasa humor. Sifat ini membuat kamu aktif di berbagai kegiatan sosial dan akrab dengan banyak orang.

Kelemahan kamu adalah sulit mengatakan ‘tidak’. Kamu merasa kuatir dianggap egois dan sering merasa bersalah bila tidak bisa memperhatikan  orang lain. Tidak heran kamu akan lebih meilih tas ransel atau yang dapat menampung banyak barang bawaan. Kamu memilih yang bisa memuat semua kebutuhan kamu dan orang lain juga. Kamu adalah typical yang tidak mau menyusahkan orang lain, justru sebaliknya kamu ingin menolong orang lain.

Dalam hal fashion, Si Helper cenderung memilih fashion yang sportif dan casual outfit yang memudahkan kamu melakukan banyak hal.

Source : Pinterest
Tapi diluar 5 kepribadian diatas, yang paling tepat adalah jadilah perempuan yang memiliki kepribadian menyenangkan, yang akan membuatmu disukai dan diterima banyak orang. Pribadi yang selalu berusaha melakukan hal baik dan belajar meninggakan hal buruk.

Perempuan dengan kepribadian baik yang selalu menjaga ucapannya. Kamu tahu ‘kan, orang yang nyinyir dan ketus cenderung dijauhi dalam pergaulan. Selain itu belajarlah selalu menjadi pendengar yang baik, seperti halnya kamu yang senang didengar, begitu juga sebaliknya. Orang-orang senang dengan orang yang mau mendengar dirinya.

Selain itu, lontarkanlah kritik dengan sopan. Jangan menunjukkan sikap tidak suka atau tidak setuju secara frontal. Jadilah pribadi yang tahu menempatkan diri. Berpikir positif dan perbanyaklah tersenyum.

Nah, Makbeb, kalian termasuk tipe yang mana? Yuk bongkar tas! kira-kira isi tas kalian mewakili kepribadian yang mana?


-d14N-





You Might Also Like

18 komentar

  1. Memiliki kepribadian yang oke, mudah secara teori, tetapi secara prakteknya? Kita harus melawan ego pribadi : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Pada akhirnya kita akan berusaha menjadi diri sendiri dalam versi terbaik. Prosesnya, yah jalani aja. Saatnya mengedepankan ego ya udah biarin aja. Tapi namanya manusia, sejahat apapun ada kalanya menurunkan ego. Ya, ga,Mba?

      Hapus
  2. Agresif kali ya aku, berantakan banget pake banget begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gabungan antara romantis dan agresif mba 😂😂

      Hapus
  3. Aku diantara pemikir dan pembantu..eh helper maksudnya. Di tengah-tengah itu keknya hahaha
    Setuju, di luar berbagai tipe kepribadian yang utama jadi seseorang yqng menyenangkan sehingga punya banyak teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. 💋💋 Mba kembar (nama) aku gabungan antara romantis dan agresif. Ntah la tu kek apaan. Yang penting memang, berusaha diterima banyak orang tanpa mengerdilkan diri sendiri. Hehe

      Hapus
  4. Romantis-agresif hahahha! Ati-ati kalau ketemu gue Mak! Gue mah gitu orangnya, sukak bawa tas segede gaban yang isinya macem minimarket, tapi juga suka bawa parfum kw yang penting wangi wkwkwkwk. Catettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. 👏🏾👏🏾 tosss kitah. Tas aku dong, kepepet bawa clutch ke kondangan doang. Sisanya tas merangkap kantong doraemon semua.

      Parfum KW? Mending masih di harga ratusan, lah gw, pake colognenya aqeela yang johnson&johnson ungu. Bayik banget kan, Mbok 😆😆😆

      Hapus
  5. Aku kayaknya gabungan antara helper dan pemikir deh, buahahaha. Ya berasanya kayak gitu sih. Nggak terlalu pemikir banget tapi ciri-cirinya deket sama keseharianku. Tapi lumayan helper juga. Sampai kadang suka senewen sendiri karena nggak bisa nolak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... iya mba. Banyak versi kepribadian. Apapun typenya yang penting happy ya kan mba 😂😂

      Hapus
  6. Ups jadi buka kartu nih... Hahhha, rasanya aku si pemikir dan helper. Makanya situsku aja sahabatblogger niatnya bisa berbagi terhadap sesama dan mencari apa yang bisa mereka butuhkan😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutkan, Mba. Betah kok di blognya Mba Dewi.

      Hapus
  7. Isi tas ku apa kertas dan pulpen,haha... Pemikir
    Baru sadar saya tipe pemikir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... jadi lebih tau ya,Mba.
      Kadang kita ga sadar kebiasaan kita itu membentuk karakter kita.

      Hapus
  8. Sepertinya saya masuk tipe si helper, alias ga enakan kalau orang minta tolong. Makasih ya mba, artikelnya bikin saya berkaca dan tau kepribadian yang lainnya. Semoga bisa lebih baik lagi kedepannya, kepribadian saya disukai banyak orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga enakan kalo orang minta tolong. Tetap kontrol aja, Mba. Kadang tanpa sadar kita jatuh ke 'people pleasure'. Sibuk menyenangkan/membantu orang lain tapi lalai sama diri sendiri.

      Hapus
  9. Berarti saya si Pemikir de...

    Soalnya saya nggak terlalu mikirin barang-barang kosmetik, cukup bawa bedak dan lipstik. Itu juga dipakai kalau habis salat. Jarang banget pakai parfum tapi nggak bau badan kok, hehehe... takut amat si Bu Dawiah?

    Kalau mau keluar rumah, yang pertama dicari tuh buku. apalagi kalau yang mau dituju adalah tempat yang biasanya antri kayak di bank atau bandara dan stasiun. Yah gitu deh, saya ngaku saja sebagai si pemikir.

    BalasHapus
  10. Hehe... kadang aku juga bawa buku, Bun. Tapi lebih seringnya masih rempong sama anak-anak. Jadi kadang bukunya ga maksimal dibaca.

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images