Beauty Talk (MakeUp & Skincare Part I)

Maret 17, 2019


Selamat malam dari Emak yang lagi gabut. Ga tau musti ngapain dan kebetulan ga ada K-Drama menarik yang bisa ditonton juga. Belakangan aku kayak melipir dari tulis menulis. Ada yang kangen update-tan aku, gak?

Tiga bulan terakhir, akutu jualan online, Mak. Dagang apa, sih? I sell what I love, ceritanya begitu. And you know what I love, isn’t you? Yass, Aku pelan-pelan ngerangkak lagi dari zona nyaman leyeh-leyeh, mencoba mencari kesibukan yang bermanfaat dengan dagang beauty toys (baca: make up dan skincare) dari negara tetangga, Malaysia.

Kenapa? Karena menjual apa yang udah banyak dijual orang itu ga menantang, Mak. So, I decided to sell brand dari Malaysia. Tentu saja yang terpilih dan punya review bagus.

Well, di postingan kali ini enaknya kita bahas apa ya, Mak? Bahas segala sesuatu yang berhubungan dengan makeup dan skincare kali, yah.
Ini sesuai dengan pengetahuan aku aja, sih. Jadi, maap-maap kalo seandainya ga lengkap dan detail, yah. 

Suatu hari, anggaplah kamu dikenalkan pada sebuah produk kosmetik atau skincare baru. Tertarik, dong! Dengan excited kamu pun menggunakan produk tersebut. Akan tetapi, bahkan pada pemakaian pertama muncul purging di wajah kamu.

Apa itu PURGING?
Purging adalah salah satu keadaan dimana kulit kamu sedang beradaptasi dengan produk baru yang mempunyai bahan aktif di dalamnya. Bahan aktif ini bekerja mempercepat proses pembaharuan kulit kamu, ia bersifat mengusir semua kotoran dan kulit mati yang sudah sekian lama mengendap di bawah permukaan kulit kamu. Lalu ia muncul dalam bentuk biji-biji jerawat halus yang biasa kita sebut purging


Source : Pinterest

Mak, kamu tahu gak, kenapa kulit kamu kemungkinan akan mengalami purging

Tahukah kamu, kulit akan purging jika produk tersebut mengandung;
  • Hydroxy Acids (Asid glikolik, gluconolactone, asid lactic, lactobionic, asid malic, asid mandelic dan asid salicylic)
  • Retinoid (adapalene, isotretinoin, retinyl palmitate, tazarotene, tretinoin) ini adalah komposisi yang biasa ada dalam obat jerawat kronis.
  • Produk yang mengandung kepekatan vitamin C yang tinggi, biasa kita temukan dalam serum.
  • Exfoliant
  • Benzoyl Peroxide
Purging akan muncul di tempat-tempat dimana jerawat kamu selalu muncul.
So, jika kamu sedang menggunakan serum dan tiba-tiba muncul whiteheads, small zits atau jerawat halus dan ia muncul dimana jerawat kamu sering muncul, kemungkinan besar itu adalah purging. Meskipun begitu, ga semua orang akan mengalami purging.

Apabila ketika kamu memakai produk baru dan muncul purging lakukan hal di bawah ini:

  • Teruskan pemakaian produk tapi kurangi takaran pemakaian produk.
  • Jika produk tersebut harus di pakai 2x sehari, kurangi dengan mengaplikasikannya hanya 1x saja.
  • Jika setelah melakukan 2 hal diatas, purging masih belum berkurang, pakailah produk selang 2-3 hari setelahnya. Ini baik untuk memberi waktu pada kulit kamu untuk beradaptasi dengan bahan aktif yang ada di dalam produk tersebut.
  • Biasanya purging akan hilang dalam waktu 4 minggu atau bahkan lebih lama pada sebagian orang.
Nah, itu adalah seluk beluk purging. Mak, pernah ngalamin purging? Aku paling sebel kalo udah berhadapan dengan purging, soalnya ga banget.


Kenapa Perlu Pakai Moisturizer?

Moisturizer sangat penting supaya kulit kita senantiasa hydrate dan melindungi kulit dari pencemaran udara dan juga paparan sinar matahari. Tapi sunblock ga kalah penting, lho, ya.

Perlu kamu perhatikan, kulit kita punya batasan tertentu dalam menyerap skincare. So, pakailah skincare secukupnya, jangan sampai kulit menjadi over layer sehingga menyebabkan kulit menjadi semakin rusak.

Jenis kulit yang seperti apa yang membutuhkan moisturizer? Jawabnya adalah semua jenis kulit. 

  • Kulit Normal
Pada kulit normal, moisturizer berfungsi sebagai pelindung kulit. Menjadikan kulit sehat, cantik dan untuk menghindari break out.
  • Kulit Kering
Jika kamu punya kulit yang kering, kamu memang wajib menggunakan moisturizer, gunanya adalah untuk memberi kelembapan pada kulit. Dan untuk memperlambat munculnya kerutan pada kulit kering yang cenderung cepat berkerut.
  • Kulit Berminyak
Kulit berminyak pun diwajibkan menggunakan moisturizer, lho. Yess,pemakaian moisturizer disini untuk menjaga kulit agar tidak semakin berminyak. Kulit berminyak disebabkan oleh kulit yang sudah sangat kering sehingga sebum menghasilkan minyak.

Selain untuk menjaga kelembapan kulit, moisturizer juga bisa kamu gunakan sebagai base makeup. Penggunaan moisturizer akan membuat makeup kamu lebih tahan lama. Makeup juga tidak mudah nge-crack, serta membuat hasil makeup lebih halus dan flawles.

Duh, cita-cita semua Emak, tuh. Semua demen makeup yang flawless. Betul, tidak?

Mak, setelah kita membahas mengenai kelembapan kulit, kali ini aku mau kasih tau kamu, tentang scrub.

Pentingnya SCRUB Untuk Kulit Wajah.

Scrub atau exfoliate sudah sangat lazim kita lakukan. Seperti halnya aku, apakah kamu sering melakukan scrubing pada kulit wajah kamu?

Tapi sebelumnya kita akan bahas, apa itu scrub?

Scrub adalah melakukan kegiatan scrubing atau menggosok kulit wajah untuk membuang sel kulit mati. Dan hal ini sangat menyenangkan untuk dilakukan. Dengan kegiatan sederhana menggosok dan membilas wajah ini, dipastikan kulit kamu akan terjaga kecantikkannya, karena kulit-kulit mati di wajah kamu sudah dibersihkan.

Kenapa kita perlu melakukan scrub?

Secara alamiah, kulit kita memang sudah punya kemampuan meregenerasi sendiri. Tapi, jika kita sudah agak berumur, perubahan hormon, kulit yang terpapar cuaca, di dalam ruangan terlalu lama, proses kulit dalam menyingkirkan sel kuit mati itu akan melambat, bahkan berhenti sama sekali.

That’s why, kamu perlu melakukan scrub agar kulit terlihat lebih bersih dan sehat, terbebas dari kusam dan kembali glowing.

Bagaimana jika tak melakukan scrub?

Jika wajah kamu punya masalah seperti bekas jerawat, pori-pori besar dan dullness, kulit akan terlihat kusam, kasar dan ga cantik. Dengan rajin melakukan scrub bisa membantu kamu mengurangi masalah diatas.

Ketika kamu berpatokan pada orang lain yang tidak melakukan scrubing, kamu boleh saja mengikuti mereka, tapi kamu mesti ingat, mungkin dia memang tidak perlu melakukan scrubing lagi, karena kulitnya sudah cantik, sehat dan mulus.

Scrub juga berperan penting untuk mempersiapkan kulit kamu menerima skincare lain yang berfungsi lebih bagi kulit kamu. Jangan melulu menyalahkan produk ketika tiba-tiba kamu dihadapkan pada kenyataan “Si A pake kulitnya jadi bagus, kok gue pake produk yang sama, kulit wajah gw jadi break out parah.” Kamu mau bilang apa, kalau Si A ternyata selama ini rajin scrub wajahnya, sementara kau engga. Kulit yang terjaga dan tidak terjaga tentu saja punya respon berbeda terhadap skincare, meskipun produk skincare yang kalian gunakan sama persis.

Cara pemakaian scrub yang benar.

Tidak ada patokan yang benar, kamu hanya perlu mengenali kulit kamu sendiri. Jika kamu memiliki kulit yang kering, kamu mungkin bisa memakainya 1 kali seminggu. Jika kulitmu berminyak bisa scrubing 2-3 kali seminggu. Jika kulit kamu berjerawat kamu bisa scrub wajah kamu 1 kali seminggu. Dan kamu harus teliti memilih scrub yang bagaimana yang cocok untuk kulit kalian.

Kalo aku, aku lagi suka dengan St.Ives energizing coconut and coffee scrub. Aku pake 2-3 seminggu, beneran enak, wajah langsung terasa fresh dan smooth. Sayangnya, butiran scrub-nya agak sedikit besar, jadi kalian harus bener-bener pastikan kulit kalian tidak bereaksi berlebihan jika ketemu dengan butiran scrub yang agak besar.

Okeh, lanjut ke yang lagi happening belakangan ini di kalangan para Korean beauty lovers. Dan udah banyak seliweran di chanel-chanel para beauty influencer. Apa itu? Yass, I’m talking about Double Cleansing Method.

Apa hal, ni? Kenapa harus melakukan double cleansing segala, sih? Dua kali nyuci muka, gitu? Atau kudu make 2 jenis pembersih muka ‘kah?

Apa Itu Double Cleansing Method?

Seperti namanya ‘double’. Jadi, cuci muka dua kali, dengan dua jenis cleanser berbeda. Yang pertama dengan oil based cleanser untuk membersihkan sisa-sisa makeup, sunscreen, minyak-minyak di wajah setelah seharian beraktivitas. Yang kedua dengan menggunakan water based cleanser untuk membersihkan peluh, keringat dan debu yang melekat di wajah.

Ribet, makan waktu, ga sih, Mak? Aku kan pengennya ringkas, cepat dan hemat. *NO...NO...NO. 
Double cleansing method ini penting, tau! Kenapa? Karena wajah kita yang setiap hari dilapisi dengan makeup dan beraktivitas punya dua jenis kotoran. Kalau biasanya kita hanya menggunakan normal cleanser, itu hanya membuang debu dan keringat dari wajah kita. Trus, kotoran berwujud minyak mau dibiarin aja, gitu? Kalo ga dibersihin semua minyak itu akan menyumbat pori-pori wajah kita. Dan apabila pori-pori wajah tersumbat, muncul deh jerawat. Ga, mau kan wajahnya jerawatan?

So, oil cleanser itu penting untuk membuang semua kotoran di wajah dan menghindari terjadinya penyumbatan pori-pori.

Bagaimana step by step melakukan double cleansing method? Caranya gampang, kok! Cuma cuci-bilas, cuci-bilas tapi tentu saja dengan dua cleanser berbeda. Kamu bisa hunting, membaca review produk, kira-kira brand mana yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Muncul pertanyaan baru, lagi happening juga yang namanya Micellar Water. Bisa ga bersihin pake micellar water, thok? Mak, micellar water ga termasuk ke dalam oil based cleanser, lho, ya.

Atau pertanyaan seperti ini, kalo ga pake makeup, ga perlu double cleansing, dong? Lebih baik lagi kalo double cleansing, Mak. Jadi, pori-pori ga kesumbat dan tentu aja kulit wajah akan selalu bersih.

Atau pertanyaan begini, kulit gw ‘kan berminyak, masa dipakein oil cleanser lagi? Bakal kayak ladang minyak, dong, muka gw!

No! Oil cleanser fungsinya untuk membersihkan kulit wajah dari segala minyak. So, oily skin sekalipun bisa kok pake oil based cleanser. Seperti prinsip kimia, oil dissolves oil.

Trus, kapan sebaiknya double cleansing dilakukan? Mesti dua kali sehari kah? Ga! Sehari sekali aja udah cukup, Mak. Jadikan aja night skincare routine.

Oil cleanser memang cocok untuk semua jenis kulit, dari kalian yang berkulit normal, kering, acne prone skin or even oily skin sekalipun. Yang perlu kamu lakukan sebelum membeli oil cleanser adalah memastikan ingredients yang terkadung di dalamnya, apakah cocok dengan jenis kulit kamu atau engga. Meskipun menggunakan produk yang sama, belum tentu kulit kamu punya reaksi yang sama dengan teman kamu, misalnya. Untuk urusan ini, tentu saja kamu lebih paham bagaimana kondisi kulit kamu.

Trus, apalagi itu yang disebut dengan sunscreen?

Seberapa Penting Peran Sunscreen Untuk Kulit Wajah?
Stay at home mommy, fulltime mommy
 yang kerjaannya jadi nyonya rumah, perlu ga sih menggunakan sunscreen
Sunscreen adalah produk yang paling penting untuk menjaga kulit kita. Sunscreen is the best anti-aging product. Ga perlu pake A-Z macem-macem skincare, asal kamu ga pernah lupa pakai sunscreen.

Kenapa kamu harus memakai sunscreen?

Selain untuk anti aging, sunscreen bisa membantu menghilangkan kulit kusam, kulit yang kehilangan elastisitas, kulit yang tidak sehat, warna kulit tidak merata, gelap dan terbakar matahari. Sunscreen juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Membantu mencegah pigmentasi kulit, mengurangi jerawat dan mencegah kulit dari kanker kulit.

Jadi, jika kamu melakukan banyak aktivitas di luar rumah yang membuat kulit kamu terpapar sinar matahari lebih lama, sunscreen ini adalah benda wajib yang ga boleh kamu skip pemakaiannya.

Gw kan di rumah aja, ga perlu dong pake sunscreen segala. Jika aktivitas kamu di dalam ruangan atau di rumah saja, ga ada salahnya tetap memakai sunscreen. Atau setidaknya kamu memakai moisturizer dengan SPF 15 – SPF 30, itu juga sudah cukup.

Pada rajin pake sunscreen, ga, Mak? Kalo, aku, akutu orangnya ga begitu telaten dengan yang namanya skincare. Namun belakangan aku mulai rajin, sebab setelah insiden break out pasca berhenti dari krim Dokter, aku mulai aware dengan kulit wajah aku. Ga enak banget liat muka break out, pengen dandan centil jadi ga cantik. *Ups!

Sebenarnya malam ini aku lagi online training dengan sebuah komunitas di kelas fiksi. Sambil menulis draft dan tugas, aku sempetin nulis ini buat update Blog

Next, kita akan bahas tentang Toner, Sheet Mask, Serum dan Essence, ya, Mak. Kali ini segini dulu. Ada brondong Lee Jong Suk yang menunggu untuk ditonton, walaupun sebenarnya aku gak ngepens sama dia. Hanya saja, setelah menghabiskan 1 cup es kopi susu, aku memutuskan untuk nonton aja. ✌

-d14N-







































































































































































You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images