From Zero To Hero Dengan Media Sosial

November 24, 2018


Hai, selamat malam….

Apa kabar malam ini, Mak? Udah di hari ke-5 di #BPN30DaysChallenge2018, yah. Kali ini temanya tentang media sosial.

Bicara tentang media sosial ga akan ada habisnya yah? Secara perkembangannya pesat banget. Kalo kita ga cepat-cepat ambil langkah mengenal, alamat bakal ketinggalan jauh.
Inget banget pas jaman SMA, saat di-les-in computer sama almarhum mama, belajar bikin email, berkomunikasi dengan email dan MIRC dengan ratusan room chat. Itu udah keren banget pada jamannya. *Duh, betapa noraknya aku jaman itu. 😃

Media sosial adalah media untuk bersosialisai, yang muncul sebagai jawaban dari tuntutan perkembangan zaman yang harus serba cepat, real time dan tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Beruntunglah kita generasi yang bisa merasakan perubahan media sosial dari jaman baheula sampai 'jaman now' ini.

Mereka (media sosial) hadir menghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi. Sehingga dengan mudah, kita bisa berinteraksi langsung secara audio dan visual dengan orang-orang dari manapun di seluruh dunia ga peduli siang atau malam. *yihaaa, keliatan banget yah aku si tukang online 😆😆

Selain berdampak sangat besar pada cara manusia bersosialisasi dengan sesama dan lingkungan, media sosial juga punya andil besar pada perekonomian. Contohnya, sudah banyak kita lihat tumbuh bak jamur di musim hujan ‘from zero to hero’ dan media sosial adalah tombak perekonomian mereka. Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai media marketing, mencari koneksi, dan sebagai rak pajangan produk mereka. Sebagai seseemak yang ngaku jadi penulis, media sosial juga membantu aku banget sebagai personal branding. 

Diatas adalah beberapa contoh keuntungan perkembangan media sosial. Ada hal positif tentu ada negatifnya juga. Apa saja dampak negatif dari media sosial? Beberapa diantaranya adalah seperti kecanduan karena terlalu lama berinteraksi dengan media sosial, menjadikan ia sulit bergaul di dunia nyata, sehingga rentan menjadi stres dan depresi.

Sebagai penikmat kecanggihan tekhnologi, kita harus pintar memanfaatkan media sosial untuk mempermudah hidup kita, bukan malah sebaliknya.

Sosial media itu sendiri bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar yaitu:
1.     Social Network dimana penggunanya bisa berinteraksi dan bersosialisasi. Contohnya Facebook.
2.     Social game, banyak ‘kan game yang bisa mainkan bersama-sama secara online.
3.     Virtual world seperti habbo dan starday
4.     Livecast, contohnya adalah blog tv, y! live, dan sebagainya.
5.     Publish, contohnya seperti wordpress, Wikipedia
6.     Livestream, seperti socialthings!
7.     MMO
8.     Discuss, media yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan diskusi atau obrolan. Seperti Geogle talk, skype dan lain-lain.
9.     Share, media sosial yang memfasilitasi kita untuk berbagi file, video dan musik. Seperti Youtube dan flickr.
10.  Micro blog, seperti twitter dan plurk.

Source: Pinterest
Nah, Mak, apakah kalian sudah cerdas menggunakan media sosial? Apakah sudah menggunakannya dengan positif dan maksimal untuk membantu kehidupanmu? Atau jangan-jangan kamu lebih banyak merasakan dampak negatifnya?



Love ❤


-d14N-


#BPN30DaysChallenge2018
#Day5
#BlogPerempuan
#d14NWritingChallenge




You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images