Stress? Usir Cantik Aja, Beb!

Februari 22, 2017

Morning, beb!
Meskipun malam-malam aku selalu jadi kalong, pagi gini adalah waktu buat nyantai, siangan dikit baru singsingkan lengan baju buat beberes. Berduaan aja sama bayi eksotis di rumah itu enak, emak bisa duduk depan lappy. *Hehehe

Beb, kamu gampang stres gak sih? aku kok belakangan seperti gak punya antibodi buat penyakit satu ini ya? dikit aja kepicu langsung deh! Takut beb, takut ngasih contoh gak baik buat anak. Sedih deh, kayaknya makin dihindarin si stres malah makin pengen berakrab-akrab ria sama aku.

Emang sih ya, yang namanya hidup gak bakal jauh-jauh dari stres. Stres itu sendiri juga susah banget buat dihindari. Namanya kita hidup, ada aja kejadian yang memicu stres itu datang. Jangankan buat yang sedih-sedih kayak ditinggal pacar, ditinggal selingkuh, ditipu temen, orang terdekat meninggal dunia, persaingan di kantor. Peristiwa-peristiwa itu bisa banget dengan cepet manggil si stres datang dan menetap dalam diri kita untuk waktu yang lama bahkan kalau lagi apes si stres gak mau pergi. Stress kemudian jadi rival abadi yang harus dikalahkan. Kalo engga, alamat jadi langganan deh.  

Itu untuk moment sedih ya, bahkan di moment-moment membahagiakan stres juga suka banget datang. Gak sedikitkan ibu-ibu setelah melahirkan mengalami stres, padahal itu moment membahagiakan lho, naik pangkat di kantor juga bisa bikin stres, gaji naik pun bisa stres, haha …stres mo dijajanin apa, kemana? *sinih transfer ke rekening aku ajah, beb!

Stres itu sendiri mustahil buat dihindarin, so hadapin aja beb, hadapi dengan hati tenang. Biar kita bisa bisa bekerja sama dengan si stres itu, jadi dia gak menguras emosi positif kita. Ajak kerjasama beb, bukan dihindarin, bukan diusir, bukan dibunuh. Karena kalo kita melawan, yang ada dia makin ngasih kita tekanan. Gak sembuh-sembuh deh stresnya.

Banyak cara buat meminimalkan tekanan stres, yah meskipun belum tentu berhasil 100%, tapi gak ada salahnya kita mencoba kan beb!

Apa aja yang bisa membantu kamu meminimalkan tekanan stres ?

·         TARIK NAFAS BEB !
Saat pikiran buruk mampir dan bikin kepala sakit berasa mau pecah, hati tiba-tiba gelisah, coba deh tarik nafas dalam-dalam. Tenangkan diri kamu, jangan langsung bereaksi terhadap apapun yang datang. Kalau perlu matikan HP kamu beberapa saat sampai kamu merasa nyaman dan siap terhubung lagi dengan dunia luar.

·         HENTIKAN AKTIVITASMU
Di saat pikiran kamu sedang tegang, otomatis kamu gak akan bisa berpikir dengan tenang. Ambil jeda sebentar untuk berhenti dari aktivitas yang tengah kamu lakukan. Bila kamu maksa buat mikir, kemungkinan keputusan yang kamu ambil akan membuat kamu menyesal nantinya. Biarkan pikiran kamu rileks sejenak. Atau kamu bisa pergi keluar ruang, menghirup udara luar, menikmati cemilan atau makan siang favorite kamu. Menyeruput minuman dingin bisa dijadikan alternatif yang baik untuk merilekskan pikiran kamu yang tegang.

·         BIKIN SKALA PRIORITAS
Di saat kamu sedang mengalami stres, cobalah untuk tidak memikirkan semuanya dalam satu waktu. Stres akan lebih menekan kamu, ketika kamu memikirkan semuanya sekaligus. Coba ambil kertas dan pena, kamu coret-coret, bikin daftar apa-apa saja yang menjadi prioritas kamu dalam waktu dekat, apa yang ingin kamu selesaikan dengan cepat. Dengan begitu kamu akan merasa lebih tenang, karena kamu punya skala prioritas kamu sendiri. Step by step melakukannya sesuai urutan yang kamu bikin. Dan kamu akan terhindar dari yang namanya pemborosan pikiran. Beban kerja kamupun menjadi masuk akal.

·         ATUR JAM TIDUR KAMU BEB !
Kurangnya jam tidur bikin kamu secara gak langsung memperparah stres kamu. Dia (si stres), bakal makin menjadi dan menekan kamu makin kuat. Atur jam tidur kamu beb! Tidurlah yang cukup, agar tubuh kamu lebih siap menghadapi stres.

·         HINDARI OBAT-OBATAN
Sedapat mungkin kamu HARUS menghindari yang namanya obat-obatan yah beb! Entah itu obat-obatan sejenis penghilang rasa sakit kepala, obat penenang, obat tidur atau apapun itu. Stres tidak bisa disembuhkan dengan obat-obatan itu. Beristirahat yang baik, menikmati waktu berjalan-jalan di ruang terbuka, menghirup udara segar malah lebih bagus untuk stres kamu ketimbang obat-obatan.

·         REALISTIS DONG BEB !
Yang tahu bagaimana kemampuanmu adalah dirimu sendiri. Batasan-batasan dirimu hanya kamu yang mengenalnya dengan baik. Target-target yang sesuai dengan kemampuan kamu, hanya kamu saja yang paham. Jangan memasang target terlalu tinggi jika kamu sendiri gak yakin apakah kamu bisa meng-handle-nya atau tidak. Kenali kemampuan diri kamu sendiri dan ritme kerja yang cocok untuk dirimu sendiri. Dengan begitu dikemudian hari kamu gak akan terbebani dengan pekerjaan yang mustahil lagi, stres juga akan terhindar dengan sendirinya.

·         NGE-GYM YUK !
Bagus nih beb untuk menyalurkan emosi negatif, soalnya kalo stres lagi bertamu, kita cenderung akan melampiaskan ke hal-hal yang destruktif, kayak teriak, melempar atau mukul. Yang ada akan menambah permasalahan baru ya kan! Jadi bila keinginan-keinginan itu muncul kamu salurin ke olah raga aja beb, ketika tenaga terkuras kamu gak akan punya kekuatan lagi buat hal-hal destruktif. Bonusnya lemak terbakar dan langsing. Hehe

·         PERBAIKI KEHIDUPAN SEKS KAMU
Memiliki kehidupan seks yang sehat juga bisa ngasih dampak positif buat stres lho beb! Karena saat melakukan hubungan seks tubuh kita mengeluarkan hormon yang bisa bikin kamu happy. Jika kamu happy otomatis kamu jadi lebih siap berhadapan dengan stres. Ini buat yang udah halal lho ya ! Buat kamu yang masih single mungkin bisa dengan berolah raga dan mengambil cuti kantor untuk liburan.

·         UBAH CARA BERPIKIR
Kalau selama ini kamu memandang stres itu sebagai sesuatu yang mustahil buat kamu selesaikan ? Mulai saat ini ubahlah perspektif kamu itu. Ubah stres itu menjadi tantangan yang harus kamu takhlukkan. Berhentilah menganggap diri kamu tidak bisa menyelesaikan. Kamu cukup melangkahkan kakimu dan lewati tantangan itu.

·         BERI REWARD UNTUK DIRIMU SENDIRI
Ah reward .. Jangan pelit memberi hadiah buat diri sendiri yah beb !
Saat kamu berhasil menyelesaikan sesuatu, berilah diri kamu sendiri hadiah ! Gak perlu yang mahal dan branded, bahkan dengan cara sederhanapun kamu bisa kok melakukannya. Misalnya dengan creambath ke salon langganan, pergi ke spa, atau mungkin mentraktir diri sendiri makanan enak. Atau kalau kamu punya budget lebih kamu bisa merencanakan liburan sendiri, backpaker-an sendiri. Dengan demikian pada saat tantangan baru muncul kamu akan lebih bersemangat menyelesaikannya.

***

Gimana beb? Udah siap menghadapi stress?
Udah dong ya, aku udah kasih banyak bocoran tips nih!
Semangat ya!

- d14N -

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts