Mesra Bersama Matahari

Agustus 21, 2018


Selamat malam, Mak!

Mak, tolong! Kulitku darurat lotion. *hiks….
Beneran, panas ekstrim belakangan ini di Batam membuat kulitku yang kering semakin kerontang. Sekarang, kalo digaruk pasti deh, meninggalkan bekas putih di sepanjang garukannya. *Huhu....

Sebenarnya kulit aku memang tergolong jenis kulit kering. Tapi gak parah-parah banget gitu. Udah hampir sebulan belakangan ini, sejak panas di Batam yang ampun banget bikin level kekeringan kulit aku naik drastis. Dan kalo gak di pakein body lotion kayaknya kulit aku bakal jejeritan bilang “panas… panas….”. Jadilah itu body lotion selalu aku bawa kemanapun.

Di kota kamu gimana, Mak?

Mak, tinggal di negara beriklim tropis berarti kita wajib banget bersahabat mesra dengan matahari. Selain itu kita harus pintar mengakali bagaimana menghadapi paparan sinar matahari. Karena ketika kulit kita terlalu lama mesra dengan sinar matahari juga ga bagus, Mak. Apalagi kalo Emak punya kulit yang sensitif.

Akibat paparan sinar matahari yang berlebihan, warna kulit menjadi tidak rata. Dan ga cukup itu aja, Mak, dia bakal ngajak temen-temennya yang lain seperti noda gelap di wajah. *Aw… takut!

Mak, sebenarnya noda gelap di wajah itu bisa di cegah kok, Mak. Noda gelap di wajah itu merupakan pigmentasi oleh melanin. Di dalam sel kulit kita terdapat jaringan pigmen yang disebut melanin, bersama enzim tirosinase memberi warna pada kulit. Nah, inilah yang kemudian membedakan warna kulit kita para perempuan syantik ini. Warna kulit perempuan Asia, Latin, Afrika, dan Kaukasia.

Kerja normal enzim dan melanin itu akan terganggu jika kulit kita terus menerus menerima rangsangan dari luar, seperti paparan sinar matahari atau sorot lampu, polusi, temperatur, dan iklim. Rangsangan berlebihan ini mengakibatkan produksi zat pewarna kulit jadi berlebihan (hiperpigmentasi). Kondisi ini yang membuat beberapa bagian di kulit warnanya lebih gelap serta timbul noda-noda hitam di permukaan, yang disebut vlek. *Oughh…tidak! Tutup muka pake tangan.

Sumber: Pinterest

Mak, aku banget inih. Udah empat bulan ini aku rajin nongkrongin klinik dokter kecantikan. Meski telat nyadar kalo vlek di wajah aku itu udah tebel, tapi mending telat daripada engga perawatan sama sekali, ya ‘kan? Padahal sebelum-sebelumnya mah, aku typical yang cuek banget sama printilan skin care. Aku lebih milih ngoleksi warna lipstik dibanding koleksi krim-krim skin care. Kenapa? Ya, karena aku itu ga telaten ngoles krim berlapis-lapis itu sebelum tidur. Tapi sekarang udah mulai membiasakan diri berhadapan dengan krim-krim itu. *Udah tuek soalnya :D

Balik lagi ke si vlek ya, Mak.

Mak, sebagai perempuan manja nan syantik yang ingin kulit wajahnya sehat dan bebas vlek, kita emang harus jeli memilih produk kecantikan.Selain memilih yang sesuai dengan jenis kulit, kita juga harus melihat bahan-bahan yang terkandung dalam si produk. Apakah dirasa aman nemplok di kulit? Atau justru berbahaya di kulit. Emak-emak smart jaman now pastilah ya, udah pada khatam dengan per-skin care-an.  Aku sih, prefer milih produk perawatan plus pelindung kulit yang dapat mencerahkan serta mengandung pelembab alami yang dapat menekan produksi melanin secara efektif. *Emak pelit bin ngirit....

Zat aktif yang dapat menekan produksi melanin diantaranya liqourice root extract dan vitamin C. Selain itu, ada lagi yang dikenal dengan nama glabridin, zat yang terkandung dalam liqourice root extract yang dapat menenangkan kulit serta menekan pembentukan melanin.

Dua bahan tersebut kini diyakini bisa merawat warna kulit yang tidak merata, noda kecoklatan, bintik hitam, kulit yang kehilangan cahaya alami serta kerusakan kulit akibat sinar UV.

Selamatkan kulit kamu, Mak!

Buat kamu, Emak-emak setrong yang mungkin tiap hari harus mesra dengan sinar matahari, misalnya ngojek (baca: antar jemput anak sekolah) dan mengendarai motor roda dua, jangan lupa memakai sunblock, Mak. Atau ketika dituntut tetap cantik dan berdandan, pastikan pelembab wajah dan foundation Emak mengandung SPF.

Hindari berada di bawah sinar matahari antara pukul 11 siang hingga pukul 3 sore. Pada waktu tersebut, paparan sinar UV paling ganas. Bila Emak tidak bisa menghindari, gunakanlah pelindung wajah seperti topi, payung atau baju yang berlengan panjang.

Sumber: Pinterest

Waspadai kanker kulit. Emak harus membiasakan diri dari sekarang, apakah ada perubahan ekstrim pada warna kulit, apakah ada tanda-tanda yang ganjil yang muncul di kulit. Bila sesuatu mencurigakan terjadi di kulit tubuh Emak, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter kulit. Meskipun ga selalu berujung di kanker kulit. Tapi,Emak harus tetap waspada pada penyakit kulit lain yang mungkin muncul.

Mak, sambil merawat kesehatan kulit dengan rangkaian produk yang berfungsi mencerahkan, alangkah baiknya Emak juga mulai melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Jangan salah memilih produk perawatan kulit. Dan kalau bisa dihindari jangan terlalu lama ada di bawah matahari langsung.

Berikut aku kasih step by step skincare routine aku sebelum tidur. Pertama setelah mencuci muka dengan cleansing foam atau sejenisnya, selain berfungsi membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up, pembersih wajah juga baik untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Lanjutkan dengan toning atau penyegar wajah sebelum diolesi dengan pelembab. Kemudian, Emak bisa melanjutkan dengan mengoleskan pelembab yang mengandung nutrisi untuk kulit wajah. Pastikan memilih produk yang cocok dengan jenis kulit masing-masing ya, Mak. Juga jangan lupakan daerah sekitar mata. Daerah sekitar mata lebih sensitif, jadi dia butuh krim khusus mata untuk menutrisi serta menjaga kesehatan kulit sekitar mata. *Trus, bobok syantik, deh!

Ketika siang hari, jangan lupa gunakan sunblock atau skincare yang mengandung pelembab sebagai langkah dasar sebelum Emak nemplokin berlapis-lapis foundation dan segala macam printilan make up ke wajah Emak. *Hehehe….

Oh iya, Mak. Jangan lupa gunakan body lotion juga. Soalnya takut cemburu kalo Emak fokus ke wajah aja, sementara dia ga diperhatikan. Ga lucu kan, kalo wajah udah kinclong bikin nyamuk kepleset tapi tangan dan kaki bersisik. *Oemgee!

Mak, Mak….
Gimana caranya memilih produk perawatan wajah? Kalo aku nih ya, begitu punya niat mau belanja kosmetik wajah, dari rumah pas berangkat aku memilih hanya memakai bedak tabur saja. Kenapa? Bukan pelit atau itung-itungan, Mak. Tapi biar kita gampang ngapusnya. Jadi pas mau melakukan uji coba produk di counter kosmetik ga ribet dan lama harus ngapus foundation yang berlapis-lapis itu.

Mak, jangan pernah memilih produk hanya berdasarkan brosur. Lebih baik Emak melakukan uji coba langsung pada kulit wajah. Ambil sample produk dengan ujung kuku kemudian oleskan ke wajah Emak. Untuk Emak yang punya jenis kulit berminyak, jangan lupakan daerah T (hidung dan dahi). Sebelumnya, pastikan daerah tersebut dalam keadaan bersih dan kering.

Ciri produk yang bagus menurut aku itu adalah yang cepat meresap ke dalam kulit begitu dioleskan. Sejuk ketika dioleskan pada kulit wajah. Jika produk tersebut hangat, itu menandakan ada kandungan zat aktif yang cukup berat di dalamnya. Bila terasa lengket, kaku dan masih ada sisa produk di wajah, sebaiknya Emak jangan memilih produk tersebut. Kecuali Emak sudah dengan khasiat produk tersebut.

Mak, tajamnya indera penciuman Emak. Hindari produk yang wanginya menyengat. Selain bisa menimbulkan alergi, baunya akan bercampur dengan kosmetik lainnya. Jangan segan dan malu bertanya pada beauty advisor di gerai tersebut. Mereka bisa membantu Emak dengan semua informasi produk mereka.

Penting! Yang sering terlewatkan adalah mengecek tanggal kedaluarsa. Jangan buru-buru pergi dan main bayar aja, Mak. ‘Kan ga lucu begitu sampai di rumah, Emak baru sadar bahwa expired date nya mepet-mepet banget sementara Emak beli dalam ukuran besar yang butuh waktu berbulan untuk menghabiskannya. *Rugi, Mak! Wkwkwk….

Pandai merawat kesehatan kulit tubuh dan wajah adalah harga mati buat semua perempuan. Termasuk kamu, Mak. Dan aku jugaa…. *piss
So, mulai sekarang yuk konsisten merawat kesehatan kulit. 

Sumber : Pinterest
Mak, pegel euy! Duduk di depan laptop bikin mata ngantuk, apalagi musik di playlist melow semua, makin ngantuk deh. *Wkwkwk....

See you di artikel kecantikan berikutnya ya, Mak. Anggap aja malam ini aku lagi ga kumat gilanya. Jadi bisa nulis lurus, baek, dan panjang, sepanjang jalan kenangan kamu dan aku. *Eaa’….


-d14N-









You Might Also Like

29 komentar

  1. Saya tuh mbak kaLo beli kosmetik untuk perawatan gak pernah sampe habis, belum nyampe setengah udah males hiks, parah nih sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa... telatennya cuma hitungan hari selebihnya berstatus 'kalo ga lupa' 🤣 belakangan aja karena vlek makin menebal aku jadi rajin dan inget jatahnya skincare routine. Hehe

      Hapus
  2. Eaaaa wkwk, mak seru banget penjelasannya bikin saya ketar ketir wkwk. Untung lagi off traveling dan sibuk nulis ttg jalan-jalan aja, jadi lagi aman gak bersahabat dulu sama matahari wkwk. Tulisannya bagus mba bikin saya mulai hati-hati saat keluar rumah dan harus siap sunblock or foundation SPF hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... sebelum menyesal kemudian kayak aku steff... mantan staf lapangan yg cuek banget mo hujan panas 'seubodo teuing' sekarang imbasnya berasa.

      Hapus
  3. Makasih info dan tips nya, tapi saya kurang konsisten merawat wajah kalau malem, tau2 udah lilir aja pas mau shubuh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... udah tepar duluan ya mak 🤣🤣

      Hapus
  4. Maakkk, nasib kite yeee... klo lagi panas ampun ampunan deh di Batam ini. Giliran lagi hujan, seminggu full ga berenti2 hujaaan terus hehehe... thanks inpona maakk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negeri tanpa musim. Panasnya nyengat banget ya mba Henee 😣
      Bawaanya pengen ngemall terus dengan alasan ngadem 🤣

      Hapus
  5. Maaak, I feel you gimana panasnya Batam tuuh... Trims infonya yaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah tau kan bu dok? Kapan ke Batam lagi?

      Hapus
    2. Wkwkwk... kapan ke Batam lagi bu dokter?

      Hapus
  6. Saya tidak bisa berteman lama-lama sama kosmetik, hiks. Rajin beli malas pakai huaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemborosan atuh namanya mba 🤣
      Sinih hibahkan ke aku 😂

      Hapus
  7. Saya selalu berniat perawatan...berhasil hanya beberapa hari...setelah ituuuuu lewat deh...kok suka lupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang alarm mba 'oles anti aging'... 'oles moisturizer' ...'krim malam' ...blablabla ... *dilempar panci ...

      Hapus
  8. setuju bingits musti ati-ati bermesraan dengan matahari. Pengalaman saya tuh dulu bandel banget sama diri, cuek enggak telaten merawatnya. O la la, jadinya nyesel plus nyesek di usia lewat 40 gini, flek nya betah ada di wajah...huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba kembar (nama) kok kayaknya masih 25 tahun? Gak kayak forty something? *piss

      Hapus
  9. Saya juga kurang suka dengan skincare yang aromanya terlalu tajem dan wangi. Lebih suka yang lembut ... selembut hatiku #eaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... nusuk ke idung ya mba wiwid kalo wanginya tajem gitu... *kayak piso :p

      Hapus
  10. Nah ini PR aku mak, ngerawat kulit wkwkwk. Pedahal penginnya kulit kinclong ala Song He Kyo kyaaaa ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berharap Joong Ki salah cium ya mbok 🤣🤣 Keknya mbok belum mup on dari DOTS 🤣

      Hapus
  11. Mak, di usiaku yang syantik ini aku juga mulai rajin oles2 krim dan sunscreen. Pengin juga donk, jadi emak syantik dan terawat seperti dirimu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sapa bilang terawat? Jangan percaya mak, itu fitnah camera filter 🤣🤣

      Hapus
  12. Saya pernah ikut perawatan stlh mengajar selama 6 bln di outdoor. Sesangra bener rasanya, tp kebiasaan menggunakan nivea dr. Smp alhamdulillah ketolong..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti termasuk telaten ya mba. Aku mah korban iklan... bulan ini pake nivea besoknya lain lagi .. 🤣🤣

      Hapus
  13. Wah Surabaya juga lagi panas2nya nih mbak. Huhu. Makasih tipsnya ya mbak :)

    BalasHapus
  14. Satu-satunya perawatan yang sering aku lakuin ya itu, body lotion hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib ya mba setiap habis mandi. Kalo aku pake lotion pas mau bobok aja :)

      Hapus

Popular Posts